Saturday, April 8, 2017

Cara Mengelas Yang Baik Dan Benar

Cara mengelas yang baik dan benar emang susah-susah gampang, jika kita sekedar melihat orang yang sedang mengelas mungkin sebagian kita mengira hal itu sangat mudah. Akan tetapi jika kita mencoba sangatlah sulit bagi kita untuk mengelas yang baik dan benar.

Cara Mengelas Yang Baik Dan Benar

Dalam melakukan cara mengelas yang baik dan benar tentunya kita harus mempunyai trik dan teknik yang harus kita pelajari supaya hasilnya lebih maksimal. Terkadang orang yang ingin belajar mengelas kebanyakan tidak tau cara yang benar. Dan sebagian orang belajar mengelas dari sekolah SMK yang mempelajari sebagian teknik belajar mengelas dasarnya saja.

Cara Mengelas Yang Baik Dan Benar

Jika ingin belajar mengelas dengan benar maka kita harus berusaha dan meluangkan waktu agar mengelas yang kita lakukan akan menghasilkan lebih maksimal dan benar. Dan kita harus banyak berlatih agar pengelasan yang kita lakukan tidak sia-sia. Oleh sebab itu carailmiah akan memberikan tips bagaimana cara mengelas yang baik dan benar agar menghasilkan yang lebih memuaskan.

Alat Dan Bahan Mengelas

  • Kawat Elektroda
  • Kaca mata
  • Mesin Las
  • Bahan yang akan di Las
  • Sarung tangan
  • Palu
  • Baju Pengaman
  • Sepatu

Lakukan Persiapan Sebelum Mengelas

Jika melakukan pengelasan tentunya kita harus menyediakan alat yang seperti di atas dan sangat di anjurkan untuk memakai segala pengaman yang tentunya anti terbakar, seperti sepatu sarung tangan, baju, dan kacamata yang telah berstandar Internasional. Agar melakukan pengelasan tidak melukai badan kita atau tidak merusak tubuh.

Kemudian kita dapat mengatur mesin las dan sesuaikan dengan ketebalan bahan yang akan di las, jika arusnya besar yang akan kita las berbahan tipis tentunya membuat bahan tersebut akan bolong. Untuk itu sesuaikan arusnya agar yang kita las akan menghasilkan yang lebih baik. Dan semakin tebal bahan yang akan kita las tentunya akan semakin besar pula kawat elektroda yang kita butuhkan untuk itu kita harus dapat menyesuaikannya.

Cara Teknik Pengelasan

1. Bersihkan Bahan Yang Di Las

jika akan mengelas supaya dapat menghasilkan yang baik terlebih dahulu dari tanah atau cat yang dapat menghambat pengelasan, agar menghasilkan pengelasan yang baik.

2. Letakkan Bahan

Letakkan bahan yang akan di las di tempat yang telah di sediakan, atau di atas meja atau tanah.

3. Buat Coakan

Jika bahan yang akan kita las sangat tebal, maka buatlah coakan agar dalam menyatukan kedua besi tersebut akan benar-benar masak atau dapat melekat dengan sempurna. Jika tidak maka mengelas yang kita lakukan akan mudah patah karena elektroda tidak melekat dengan sempurna.

4. Lakukan Pengelasan

Sambungkan masa las pada ujung yang akan di las dan dan pakai kawat elekroda pada penjepit pada stang las dan sesuaikan posisi kemiringan yang kita sukai. Kemudian lakukan pengelasan dengan mengelas bahan yang akan di las. Dan dekatkan kawat elektroda pada besi yang akan di las dengan berlahan.

Dalam proses pengelasan jarak ujung elekroda dengan besi yang di las sangat berpengaruh dalam proses pengelasan, baik atau tidak baiknya hasil pengelasan sangat besar pengaruhnya dari jarak elekroda yang kita las.

5. Lihat Hasil Las

Lihat hasil las yang kita lakukan dengan kaca mata pelindung. Dalam mengelas harus tau lihat elektroda dan besi yang sudah mencair dan perhatikan apakah sudah menyatu atau tidak. Jika sudah menyatu maka gerakkan secara berlahan elektroda tersebut ke bagian yang akan di las selanjutnya.

Jika telah selesai mengelas maka bersihkan bagian yang kita las dengan palu untuk melihat apakah hasilnya telah sempurna atau belum. Jika halisnya belum baik, maka ulangi pengelasan dengan menutup yang masih belum tertutup sempurna.

Selesai mengelas maka kita harus membersihkan atau mendatarkan dengan mesin gerinda agar hasilnya akan lebih baik lagi. Dan perlu di ingat, agar hasil las tidak rapuh jangan menggerinda hasil las terlalu tipis hal ini akan mengakibatkan bahan yang kita las tidak melekat dengan sempurna.

Nah itulah beberapa cara mengelas yang baik yang benar yang dapat carailmiah uraikan dalam artikel ini. semoga dengan membaca artikel ini sobat akan bisa belajar mengelas dengan baik dan benar. Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon